Breaking

blog single post
Informasi

Yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi

Jumat 28 September 2018, gempa bumi disertai tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, Sigi dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, telah memakan korban jiwa meninggal dunia hingga lebih dari 800 orang. Gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo ini bahkan terasa hingga ke Samarinda, Kalimantan Timur. Sekali lagi dibutuhkan pemahaman seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terkait apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi, mengingat hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki potensi gempa dan tsunami yang tinggi karena berada di zona ring fire. Hal ini penting untuk menncegah banyak korban jiwa yang berjatuhan. Untuk diketahui gempa bumi merupakan getaran yang terjadi dipermukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba, yang menciptakan gelombang sismik. Gempa bumi dapat terjadi karena adanya aktivitas tektonik (pergerakan lempeng bumi) atau vulkanik (sebuah aktivitas magma yang terjadi sebelum/saat gunung api meletus).

Bagi Anda yang tengah berkendara, berada di dalam bangunan ataupun di luar ruangan, beberapa hal ini harus dilakukan saat terjadi gempa bumi.


Apa yang sebaiknya dilakukan saat terjadi Gempa Bumi?

  1. Bila Anda berada di dalam bangunan, segera berlindung di bawah rangka bangunan atau dikolong benda yang kuat seperti meja, kursi, dll. Setelah itu keluarlah menuju tempat terbuka menggunakan tangga darurat. Menjauhlah dari jendela kaca dan benda-benda yang berpotensi akan jatuh seperti lampu, lemari, vas bunga, dan semacamnya.
  2. Bila Anda sedang berada di luar, cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon tinggi, serta benda-benda lain yang berpotensi roboh.
  3. Bila Anda sedang mengemudikan kendaraan, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan.
  4. Bila Anda berada di pegunungan, hindari lereng dan jurang. Anda harus waspada dengan reruntuhan batu atau tanah longsor akibat gempa.
  5. Dan bila berada di pantai, segeralah Anda berpindah ke daerah yang lebih tinggi untuk menghindari apabila gempa berpotensi menyebabkan datangnya gelombang tsunami.


Sebagai masyarakat, kita harus bisa aware dan meningkatkan kesiagaan apabila terjadi gempa bumi. Konsepnya sederhana yaitu dengan melakukan pencegahan, mengurangi korban jiwa, mengurangi risiko dan menjalin kerjasama dengan pemerintah maupun pihak swasta, bahu membahu memperbaiki kerusakan paska gempa. Karena penanggulangan paska gempa menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Semoga semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.


Baca Juga: Cara Pertolongan Pertama Saat Gempa Bumi

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu