Breaking

blog single post
Informasi

Yang Harus Dilakukan Saat Tsunami

Kejadian gempa bumi disusul tsunami, yang terjadi pada Sabtu, 28 September 2018 lalu di Palu dan Donggala, sungguh menyayat hati bangsa Indonesia. Guncangan gempa dan hantaman gelombang tsunami hingga Rabu, 3 Oktober 2018 telah menghilangkan 1.407 nyawa manusia. Pergeseran lempengan bumi di bawah laut, dapat menyebabkan meluapnya gelombang air laut yang kita kenal sebagai tsunami. Tsunami bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan dapat mencapai daratan dengan ketinggian gelombang mencapai 30 meter. Tsunami mengakibatkan banyak nyawa yang meninggal hingga kerusakan fasilitas dan infrastruktur. Apabila Anda bermukim dekat dengan pantai atau sedang beraktivitas di pinggir pantai, yang wilayahnya terdeteksi berpotensi tsunami, Anda haruslah waspada. Apabila mengalami guncangan gempa hebat, Anda patut berjaga-jaga dan melakukan beberapa tindakan berikut, guna menyelamatkan nyawa Anda dan orang lain.

Apa yang harus dilakukan dalam menghadapi tsunami?

  1. Tetap memantau berita baik dari radio atau televisi. Anda harus mengetahui apakah akan terjadi tsunami setelah gempa di sekitar wilayah pantai.

  2. Kenalilah tanda-tanda terjadinya tsunami. Tsunami biasanya didahului oleh gempa besar yang paling tidak berkekuatan 6,5 skala richter. Sebelum gelombang tsunami datang, air laut akan surut melewati garis pantai normal dan biasanya akan tercium juga aroma garam yang menyengat.

  3. Jangan ke area pantai. Usahakan jangan melihat ke pantai untuk memastikan terjadinya tsunami. Jika sudah terlihat ada gelombang air laut, Anda harus segera menyelamatkan diri.

  4. Carilah tempat aman. Jika Anda tinggal di tepi pantai, ketahuilah jalur evakuasi ke tempat yang aman saat tsunami terjadi. Susuri jalur tercepat ke tempat tinggi yang tidak terjangkau oleh gelombang tsunami atau pilihlah gedung tinggi (minimal 3 lantai) dengan kontruksi yang kuat.

  5. Jika gelombang tsunami menghanyutkan Anda, carilah benda-benda terapung yang dapat dijadikan rakit, misalnya batang pohon. Usahakan tidak meminum air laut dan tetep di permukaan air untuk bernapas.

  6. Jika gelombang membawa Anda ke tempat yang tinggi, misalnya atap rumah, cobalah bertahan di situ dan tunggu hingga air surut dan keadaan tenang.

Lantas apa saja yang harus dilakukan setelah terjadi tsunami?

  1. Usahakan untuk tetap tenang dan kuatkan hati Anda untuk menghadapi kenyataan.

  2. Anda harus tetap berada di tempat yang aman. Tunggu sampai ada informasi dari pihak berwenang bahwa situasi telah membaik.

  3. Jangan melewati jalan-jalan yang rusak.

  4. Tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri, jangan pikirkan barang-barang. Karena keselamatan diri Anda adalah yang utama.

  5. Waspadai jika ada bagian rumah yang roboh atau lantai yang licin. Jangan lupa mengecek anggota keluarga Anda satu per satu.

  6. Berikanlah dukungan pada keluarga dan teman-teman Anda, terutama yang mengalami penderitaan dan kehilangan.


Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan apabila mengalami bencana gempa disertai tsunami. Semoga Anda selalu waspada.


 

Baca Juga : Cara Pertolongan Pertama Saat Gempa Bumi

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu