Breaking

blog single post
Working

Yuk Rancang Sendiri Ruang Kerja Anda

Tidak adanya ruangan atau meja khusus untuk bekerja bagi para pekerja lepas bisa menjadi keuntungan sekaligus kekurangan. Disebut keuntungan adalah ketika bangun tidur Anda langsung bisa memlai kerja tanpa harus mandi terlebih dahulu. Tinggal pilih ingin kerja dari kamar tidur, di ruang tamu atau bagian manapun di dalam rumah yang Anda kehendaki.


Kendala yang ditemui dengan berpindah-pindahnya lokasi bekerja Anda antara lain repot memindahkan semua perlengkapan kerja dan sulit fokus karena gangguan dari anggota keluarga misalnya. Nah untuk mengantisipasi gangguan yang dapat mengacaukan mood kerja, ada baiknya bila Anda menyiapkan satu tempat khusus untuk bekerja. Bisa berupa satu meja di sudut kamar tidur atau bahkan lebih baik lagi bila ada satu ruangan khusus yang bisa Anda sulap menjadi tempat Anda berkarya.  


  • Kamar tidur multifungsi


Gambar: paulstamatiou.com


Apalagi yang lebih praktis dari meja kerja di dalam kamar tidur? Apalagi bila bicara mengenai pekerja kreatif yang tidak mengenal waktu dalam menggali inspirasi. Justru di tempat paling privat tidak jarang Anda bisa mendapatkan ide-ide gila. Pemandangan meja dengan laptop dalam mode stand by pun menjadi pengingat bahwa deadline semakin mendekat dan Anda harus bergegas menyelesaikan tanggung jawab.


Kursi beroda ala pegawai kantoran terlihat di sini sebagai sarana untuk mempermudah mobilitas Anda misalnya dari tempat tidur menuju meja kerja. Sangat mempermudah bagi Anda yang level malasnya cukup tinggi.  



  • Alih fungsi ruangan yang tidak terpakai


Gambar: priceless-magazine.com


Beruntunglah bila keluarga mengijinkan Anda untuk mengubah ruang kosong di loteng atau lantai dasar menjadi ruangan kerja. Tatalah ruang sesuai referensi Anda, isi dengan barang-barang yang Anda sukai tanpa haru smengeluarkan banyak biaya.


Gambar di atas memperlihatkan ruangan dengan atap miring yang dirancang untuk kenyamanan berpikir. Jendela besar di salah satu dindingnya menjadi vocal point yang menjadi akses masuknya cahaya alami ke dalam ruangan.    


Tempat penyimpanan di bagian kiri di beli atas berupa busa sehingga bisa dijadikan tempat bersantai saat Anda istirahat sejenak setelah berlama-lama menatap layar laptop. Laci-laci penyimpanan yang tersembunyi juga membantu Anda mengorganisir barang supaya ruangan berukuran kecil ini selalu dalam keadaan rapi.    


Penggunaan warna dalam sebuah ruangan kerja juga sangat berpengaruh terhadap kreatifitas, produktivitas, serta mood. Karena itu meskipun Anda hanya menyukai satu warna tertentu seperti hitam misalnya, berkompromilah sedikit agar ruangan kerja Anda menjadi lebih hidup. Sebagai rekomendasi, warna-warna yang baik untuk digunakan sebagai pembangkit semangat bekerja antara lain:


Gambar: rumah.com


 





  

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu